AdminDesa/ Februari 6, 2018/ Berita/ 0 comments

Sudah sering kita mendengar kabar tentang anak bangsa yang berprestasi di kancah internasional. Tak dipungkiri lagi, sebenarnya memang banyak anak bangsa yang cerdas dan dapat bermanfaat untuk orang banyak, baik di kancah nasional maupun internasional. Seperti pada akhir 2017 yang lalu, terdapat siswa SMA dari Jogja yang diundang langsung ke Google di Amerika karena hasil penelitiannya.

Pada awal tahun 2018 ini terdapat kabar membanggakan lagi untuk Indonesia kita tercinta. Kabar tersebut datang dari Anak Desa yang karyanya berhasil masuk dalam nominasi  ajang penghargaan internasional. Yaitu program PUSPINDES yang masuk menjadi salah satu nominator dalam Anugerah Internasional WSIS Prizes 2018 yang diselenggarakan oleh PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa).

PUSPINDES (Pusat Pemberdayaan Informatika dan Desa) merupakan sebuah program inisiatif yang dibentuk oleh Pemerintah Kabupaten Pemalang yang bekerjasama dengan Relawan TIK Pemalang yang berada di bawah pengawasan dan tanggung jawab Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Pemalang. Melalui komitmen bersama dan mengusung tagline #PemalangDesaPintar, program ini sudah berhasil bertahan dan berjalan kurang lebih 2 tahun untuk melaksanakan proses peningkatan dan pemberdayaan pada bidang TIK kepada masyarakat desa khususnya di Kabupaten Pemalang.

Selain menyelenggarakan pemberdayaan langsung kepada masyarakat desa, PUSPINDES juga menyelenggarakan dan mengembangkan berbagai program aplikasi digital yang bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan Sistem Informasi Desa dan keterbukaan informasi secara online. Adapun program aplikasi digital yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • SIDEKEM Sistem Informasi Desa dan Kawasan Kabupaten Pemalang.
  • Website Desa dengan total 211 desa di Kabupaten Pemalang dan 281 desa di Kabupaten Tegal sudah ber-website seluruhnya.
  • Peta Desa pemetaan wilayah perbatasan antar desa-desa di Kabupaten Pemalang.
  • Infografis Desa infografis yang berisi tentang APBDes sebagai bentuk realisasi dari keterbukaan informasi.
  • Layanan Desa Mandiri (prototype) sebuah layanan untuk pembuatan berbagai surat kependudukan hanya dengan sekali tap menggunakan E-KTP.
  • Dan masih banyak lagi yang dapat kamu lihat di website www.puspindes.id.

Dengan berbagai program dan aplikasinya tersebut, kini PUSPINDES mulai mendapat apresiasi dari nasional bahkan internasional dengan berhasil masuk sebagai nominator dalam ajang WSIS (World Summit on the Information Society) Prizes 2018. PUSPINDES bukan satu-satunya yang hadir dari Indonesia, terdapat 16 karya dari anak bangsa yang juga berhasil masuk sebagai nominator dalam ajang penghargaan internasional bergengsi di bidang Teknologi dan Informasi ini. Ke 16 karya tersebut berada di berbagai kategori sesuai bidangnya masing-masing, PUSPINDES sendiri berada di kategori 3 dengan judul tema kategori “Access to information and Knowledge”.

Infografis tata cara melakukan voting & daftar 17 nominator dari Indonesia di WSIS Prizes 2018. Gambar diambil dari twitter @kemkominfo.

Infografis tata cara melakukan voting & daftar 17 nominator dari Indonesia di WSIS Prizes 2018. Gambar diambil dari twitter @kemkominfo.

Kini PUSPINDES dan 16 karya anak bangsa yang lain butuh kamu! Iya, kamu! Ayo segera berikan dukunganmu dengan memberikan vote kepada mereka, para pengharum nama bangsa ini. Hanya membutuhkan sedikitnya 1.000.000 jumlah vote kepada masing-masing nominator agar dapat masuk ke dalam 5 besar (juara). Dengan 51,5% pengguna aktif internet dari total jumlah penduduk Indonesia sebesar 256,2 juta seharusnya hal tersebut sangatlah mudah untuk dicapai.

Adapun tata cara untuk melakukan voting di website WSIS Prizes adalah sebagai berikut:

  1. Buka halaman link url berikut s.id/pilihindonesia
  2. Setelah berhasil terbuka, lalu klik pada menu VOTE
  3. Kemudian scroll down ke tampilan VOTING FORM dan klik pada tulisan Click Hereuntuk melakukan registrasi akun sebelum dapat memberikan vote.
  4. Setelah berhasil registrasi dan konfirmasi registrasi akun di e-mail, selanjutnya LOGIN menggunakan akun yang baru saja kamu daftarkan.
  5. Setelah berhasil login, langsung saja vote satu per satu nominator di masing-masing kategori. JANGAN LUPA! PADA KATEGORI 3 VOTE PUSPINDES SADJA, JANGAN YANG LAIN, BERAT.
  6. Khusus untuk kategori 1, 2, 3, 4, 10, 11, 13, 16 kamu sangat direkomendasikan untuk memvote salah satu nominator dari Indonesia yang dapat diketahui dari domain websitenya yang berakhiran .id (kecuali kerjabilitas.com)
  7. Hasil voting mu baru dianggap sah jika kamu sudah memvote satu per satu nominator dari total 17 kategori yang ada.
  8. Setelah muncul notifikasi “WSIS Prizes 2018 – Voting Complete” berarti proses voting mu sudah selesai dan sah.
  9. Setelah berhasil melakukan voting, jangan lupa share informasi ini kepada kawan, kerabat, sahabat, keluarga, doi dan mantan juga ya!
  10. Vote kamu ditunggu paling akhir pada tanggal 18 Februari 2018.

Untuk diketahui, WSIS Prizes merupakan sebuah ajang Penghargaan Internasional yang diadakan setiap tahun dengan memperlombakan Inovasi di bidang Komunikasi Publik dan Teknologi Informasi. Pada WSIS Prizes tahun 2016 terdapat 3 Nominator dari Indonesia yang menghasilkan 1 Champion (Juara Kedua), pada tahun 2017 juga terdapat 18 Nominator dari Indonesia yang menghasilkan 1 Winner (Juara Pertama) dan 3 Champion, dan kini pada tahun 2018 terdapat 16 Nominator dan salah satunya adalah PUSPINDES Pemalang.

Sebuah ajang Penghargaan Internasional yang memperlombakan Inovasi di bidang Komunikasi Publik dan Teknologi Informasi.

Sebuah ajang Penghargaan Internasional yang memperlombakan Inovasi di bidang Komunikasi Publik dan Teknologi Informasi.

Adapun prosesi upacara penyerahaan penghargaan bagi para winners maupun champions akan dilaksanakan saat sidang WSIS Forum di Jenewa, Swiss, diserahkan langsung oleh Sekjen ITU (International Telecommunication Union) antara tanggal 19–23 Maret 2018.

sumber : http://nanda.anakdesa.id

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*